Nasional | Diperbarui tanggal 11 Januari 2017

Perlindungan Total Lahan Gambut dan Peninjauan Kembali Izin Lahan Gambut

Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia
Kategori
Review Izin Usaha
Status
Sedang Berjalan
Deskripsi Komitmen

Presiden Jokowi menyampaikan komitmennya untuk melakukan perlindungan total lahan gambut.

“Betul, kemarin sudah saya perintahkan ke Menteri Kehutanan. Lahan gambut tidak bisa diremehkan, harus dilindungi karena merupakan ekosistem, dan bukan hanya gambut dalam saja yang harus dilindungi, namun seluruh areal gambut,” tegas beliau.

Presiden Jokowi juga berkomitmen meninjau kembali izin lahan gambut yang diperintahkan kepada Menteri Kehutanan. “Mengenai pencabutan izin perusahaan sudah diperintahkan kepada Menteri Kehutanan untuk diurus,” ujarnya.

HARI INI
11 Januari
2017
Presiden Joko Widodo Lakukan Rapat Terbatas Restorasi Gambut
Oleh Joko Widodo

Lihat Detail Perkembangan
06 Januari
2016
Terbentuknya Badan Restorasi Gambut (BRG)
Oleh Joko Widodo

Lihat Detail Perkembangan
29 Mei
2015
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Membentuk Tim Evaluasi dan Pengendalian Perizinan Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Oleh Menteri Lingkungan Hidup
13 Mei
2015
Presiden Jokowi Lanjutkan Moratorium Hutan
Oleh Joko Widodo

Tidak terintegrasinya komitmen Presiden dengan rencana kerja strategis Kementerian/Lembaga terkait, dan kurang optimalnya peran Kepala Kantor Staf Presiden dalam menjembatani komitmen tersebut.

  1. Komitmen Presiden tidak terintegrasi dalam rencana kerja strategis Kementerian/Lembaga. Akibatnya, upaya Kementerian/Lembaga tidak memiliki keterkaitan dengan pelaksanaan komitmen Presiden.
  2. Kurang optimalnya peran Kepala Kantor Staf Presiden dalam menjembatani komitmen Presiden dengan Kementerian/Lembaga terkait

Diperlukan integrasi dan penyelarasan upaya lintas Kementerian/Lembaga demi pemenuhan komitmen terhadap perlindungan total lahan gambut. Kepala Kantor Staf Presiden pun harus dapat berperan aktif menjembatani upaya ini.

  1. Integrasi dan penyelarasan upaya dan tindakan lintas Kementerian/Lembaga merupakan kunci keberhasilan pemenuhan komitmen perlindungan total lahan gambut dan peninjauan kembali izin lahan gambut.
  2. Untuk itu, Kepala Kantor Staf Presiden diharapkan dapat lebih berperan aktif menjembatani komitmen Presiden dengan Kementerian/Lembaga terkait. Ini mengingat bahwa salah satu tugas Kepala Kantor Staf Presiden adalah memastikan program-program prioritas nasional dilaksanakan sesuai visi dan misi Presiden.
Apa saja yang bisa saya lakukan?
Dukung komitmen inidengan berbagi informasi kepada teman - teman kamu
Kontak penanggung jawab lokal di daerahmu sekarang
Kamu punya cerita ?
Mari berbagi, kami tertarik untuk mendengarnya!