Jambi | Diperbarui tanggal 20 Oktober 2017

Rekomendasikan Pencabutan Izin terhadap Perusahaan yang Lalai Melakukan Penanganan Kebakaran

Zumi Zola
Gubernur Jambi
Kategori
Implementasi Restorasi
Status
Sedang Berjalan
Deskripsi Komitmen

Gubernur Jambi, Zumi Zola menyampaikan salah satu komitmennya pada acara Forum Joint Symposium Merestorasi Gambut Indonesia di Ruang Rimbawan 1, Manggala Wanabakti. Pada forum tersebut beliau menegaskan,  “Apabila ada perusahan yang lalai ketika lahannya terbakar tetapi tidak cepat memadamkan, maka saya sendiri yang akan merekomendasikan untuk di cabut izinnya”.

HARI INI
20 Oktober
2017
Bantuan Pendanaan untuk Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan
Oleh Zumi Zola

Lihat Detail Perkembangan
29 Agustus
2017
Perkuat Rencana Aksi Restorasi Gambut
Oleh Zumi Zola
13 Maret
2017
Rapat Koordinasi dan Rilis Pergub Jambi serta Perda terkait Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutam dan Lahan
Oleh Zumi Zola
  1. Kurangnya informasi mengenai tindak lanjut pencabutan ijin. Dari kasus-kasus yang ditindak lanjuti oleh Kapolda Jambi dalam hal penanganan kebakaran hutan dan lahan, sebagian besar adalah perorangan dan dari 4 perusahaan yang ditindak pada tahun 2015, tidak pula ada penjelasan apakah ijinnya dicabut atau tidak. Sehingga komitmen Gubernur Jambi dapat dikatakan belum teruji sama sekali.  
  2. Belum ada dokumen yang menjelaskan rencana restorasi aksi gambut secara rinci yang diturunkan dari poin-poin umum dalam nota kesepahaman (MoU) yang telah disepakati oleh Gubernur Jambi dengan Badan Restorasi Gambut
  1. Melakukan evaluasi kepada seluruh konsesi terbakar dan melakukan audit kepatuhan perusahaan dalam hal mencegah kebakaran hutan dan lahan. Hasil evaluasi dan audit kepatuhan menjadi landasan bagi Gubernur untuk mengeluarkan rekomendasi pencabutan izin bagi perusahaan yang konsesinya terbakar dan terbukti lalai dan tidak melakukan pencegahan dini.
  2. Pemerintah Provinsi Jambi perlu mempercepat perencanaan aksi restorasi gambut yang rinci untuk menjadi pedoman setiap pihak yang terlibat dalam usaha percepatan restorasi gambut di Jambi serta mengarahkan TRGD Jambi.
Apa saja yang bisa saya lakukan?
Dukung komitmen inidengan berbagi informasi kepada teman - teman kamu
Kontak penanggung jawab lokal di daerahmu sekarang
Kamu punya cerita ?
Mari berbagi, kami tertarik untuk mendengarnya!