Bab 1.2 Luas dan sebaran lahan gambut di Indonesia

Luas lahan gambut di Indonesia belum dapat dipastikan. Pada 1992, seorang peneliti Pusat Penelitian Tanah Bogor menemukan bahwa terdapat sekitar 15,4 juta hektar lahan gambut di Indonesia. Pada 2005, Wetlands International memperkirakan terdapat sekitar 20,6 juta hektar lahan gambut di Indonesia. Sementara pada 2011, Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian dan Balai Penelitian Tanah memperkirakan ada sekitar 14,9 juta hektar lahan gambut di Indonesia.

Sebaran dan perkiraan luas lahan gambut di Indonesia.

Luas lahan gambut di Indonesia belum diketahui secara pasti karena perbedaan definisi, metodologi pemetaan, dan sifat gambut yang dinamis hingga menyebabkan fluktuasi angka luas lahan gambut.

Pada tahun 1992, Kusumo Nugroho, seorang peneliti Pusat Penelitian Tanah Bogor, menarik informasi dari berbagai peta tanah Indonesia dan mengemukakan bahwa terdapat sekitar 15,4 juta hektar lahan gambut di Indonesia.

Pada tahun 2005, Wetlands International memperkirakan ada sekitar 20,6 juta hektar lahan gambut di Indonesia, sedangkan Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian dan Balai Penelitian Tanah pada tahun 2011 memperkirakan ada sekitar 14,9 juta hektar lahan gambut. Dari 14,9 juta hektar, 6,4 juta hektar (43%) terletak di Pulau Sumatera, 4,8 juta (32%) terletak di Pulau Kalimantan, dan 3,7 juta hektar (25%) di Pulau Papua. 

Untuk melihat lebih lanjut sebaran lahan gambut di Indonesia, kunjungi peta interaktif Pantau Gambut.